Senin, 26 November 2012

Biografi Charly Vanhouten

CHARLY {VOCALIS}
Nama lengkap: Moch.Charly van houten
Tanggal lahir : Pria Lahir 5 November 1981
Kebiasaan: Ia tak pernah luput dari Gitar.Charly selalu membawa Gitar nya kemana pun,ntah ketika tidur,hang out,sarapan,bahkan mau masuk kamar mandi.Untuk sarapan Pagi Charly selalu memakan Roti,agar stamina saat bernyanyi diatas Panggung.........


Kalau Libur,Charly selalu menghabiskan waktu bersama pacarnya dipegunungan/lesehan.menurut Charly,ia bisa sukses berkat kedua Orang Tuanya Soegendri & Toethe Hartika.Tanpa dukungan ke2 Ortu mungkin bisa tak seperti Cekarang.Ada satu Hobi Charly yang Unik.Rupanya Lulusan Fakultas Seni Musik Universitas Pasundan ini sering mengisengi para personel ST12.
Saat temannya sedang Bermain Ps Charly suka mencabut stop kontak Tv/mematikan Tv,sampai temannya pada jengkel.Charly juga sering mengambil makanan buatan Pepep.Akibatnya para temanya hanya bisa mengigit jari karena makanan yang dihidangkan sudah habis dilahap Charly.
Usaha : Pria ni mempunyai usaha Conter Hp.

Charly, Dari Jalanan Ke Atas Panggung


Wajar aja kalau keluarganya nggak ngelarang waktu Charly memutuskan buat merantau ke Bandung untuk jadi musisi. Selain karena dianggap punya bakat yang memadai, Charly juga datang dari keluarga dengan darah musik yang kental.

Neneknya yang tinggal di Cirebon adalah sinden wayang yang cukup terkenal di daerahnya dan masih aktif sampai saat ini. Sedangkan uwaknya adalah seorang pemusik dangdut, yang pertama kali mengenalkannya pada dunia musik.

Cowok bernama asli Muhammad Charly Van Houtten ini awalnya tertarik untuk jadi gitaris, gara-gara uwaknya yang musisi itu pernah memberinya hadiah berupa gitar. Gitar kesayangannya itu lalu dia bawa kemana-mana sebagai instrumen membuat lagu. Nggak disangka-sangka, ternyata banyak orang yang bilang suara Charly cukup merdu untuk jadi seorang vokalis. Akhirnya sejak tahun 1998, saat mulai manggung dari kafe ke kafe bareng teman-temannya, Charly dipercaya untuk memegang posisi vokal.

Buat cowok kelahiran Cirebon, 5 November 1982 ini, musik bukan cuma sekedar hobi, tapi juga tujuan hidup. Ini yang jadi alasan utamanya hijrah ke Bandung dari Cirebon di tahun 2000, yaitu untuk mengambil kuliah jurusan seni musik di Universitas Pasundan Bandung.


Selama di Bandung, Charly mengaku nggak pernah punya tempat tingggal. Biasanya dia menginap di rumah teman atau di studio musik tempatnya latihan. Sedangkan untuk membeli makan, dia terpaksa mengamen di perempatan jalan Dago.

Untungnya perjuangan ini nggak sia-sia, karena pengagum Al Jarreau dan Armand Maulana ini berhasil menelurkan satu album bareng sebuah band bernama Afterclose, sebelum akhirnya ditarik bergabung oleh ST12.

Perannya di ST12 cukup penting, karena hampir semua lirik lagu band ini adalah ciptaan Charly. Bahkan, cowok yang menulis lagu sejak kelas 1 SMP ini sekarang mulai mencoba-coba membuat lagu untuk dinyanyikan artis lain. Pingkan Mambo dan Aris Idol adalah beberapa di antaranya.

Mengenai Aris, Charly punya alasan sendiri untuk kagum pada salah satu peserta Indonesian Idol itu.
 

"Waktu itu di salah satu episode Idol, Aris sempat bawain lagu ST12 yang judulnya Rasa Yang Tertinggal. Jujur aja aku sempat nangis liatnya, dia bawain lagu itu dengan bagus banget. Dan ternyata latar belakang Aris juga nggak jauh sama aku, dia dulunya pengamen juga. Jadi aku salut lah sama dia, mudah-mudahan aja dia nggak patah semangat," kata Charly.{Stsetia/febririfki}


Biografi Pepeng Gitaris Setia Band

 

Mantan personil ST 12, Charly dan Pepeng membentuk grup Setia Band dengan additional drummer Alsya. Dengan formasi anyarnya itu, Charly cs menawarkan konsep baru yakni lagu yang ditawarkan bergenre Latin Pantura. Seperti apa yah?

"Yah seperti ini, agak-agak melayu sih, tapi kami lebih senang menyebutnya latin pantura," tutur Charly di studio TM Jl Gatot Subroto, Jakarta, Senin (24/9/2012).

Judul lagu terbaru Setia Band yang sedang digarap dan dibuatkan video klipnya adalah single 'Jangan Mau Mau'. Lagu ini nantinya akan tetap ada dalam album 1 hati milik Setia Band.

Dalam penggarapan video klipnya kali ini Charly cs itu juga menggandeng 4 model yang memang sengaja dicarinya dari ajang audisi. Terpilihlah keempat model tersebut yang terdiri dari 2 orang pria dan 2 orang wanita.

"Masa model Luna terus sih. Jadi yang video klip ini ada 4 model yang terpilih dari ajang pencarian model yang digelar sekitar sebulan lalu," tambahnya.

Charly dan Pepeng memang lebih mengedepankan unsur kreativitas dalam bermusiknya. Terbukti di singlenya kali ini ia bisa lebih ber-eksperimen dalam bermusik, karena akan ada unsur orkestra, musik latin dan masih banyak lagi.

"Kita juga tetap memasukkan unsur budaya kok, pas di-reff-nya ada kendang, jaipong, suling. Lihat aja nanti di video klipnya ada bendera merah putih juga," tandasn Charly. (DZ)
Info Tambahan
Setelah sang vokalis, Charly menyatakan keluar dari ST12, kini giliran gitarisnya, Pepeng untuk hengkang dari ST12. Seperti kutipan yang terdapat pada kapanlagi.com.

Retaknya ST12 tersebut, di sebabkan karena Pepeng dan pepep yang merasa sudah tidak satu visi dengan Charly, maka dari itu Pepeng memilih untuk hengkang dari grup band yang sudah membesarkan namanya di kancah musik Indonesia.
Biografi Singkat
Mantan gitaris grup band kenamaan ST 12 bernama asli Dedy Sudrajad. Yang terlahir di Bandung pada tanggal 9 Mei 1978 ini. Sebenarnya bercita-cita menjadi seorang pemain sepakbola, ditambah kedua orang tuanya, Solihin dan (alm) Oningsih juga menginginkan Pepeng menjadi pemain sepakbola.

Ceritanya setiap pagi, anak ke 11 dari 11 bersaudara ini tidak pernah lupa membaca koran/tabloid olah raga. Ia juga selalu menyempatkan diri untuk bermain PS Winning Eleven. Setiap hari libur Pepeng sering bermain futsal, billiar, dan bulu tangkis.

Gagal menjadi atlet tak membuat Pepeng patah semangat. Dengan profesinya sebagai musisi, Pepeng akhirnya bisa meraih sukses. Pria yang tak pernah meninggalkan sholat 5 waktu ini, juga membuka usaha rumah kost.

Bukan baru kemarin sore Pepeng terjun ke dunia musik. Udah belasan tahun cowok bernama lengkap Dedy Sudrajat ini manggung dari kafe ke kafe. Dan bukan cuma bareng satu band, tapi banyak.

Bermula dari pertemanan di bangku SMP dengan seorang teman yang jago main gitar Pepeng jadi tertarik ikut belajar main gitar. Setelah sempat otodidak dengan memborong beberapa buku chord gitar, akhirnya orang tuanya mendaftarkan Pepeng ke sebuah kursus privat gitar.

Merasa udah cukup jago, pemakai Fender Stratocaster ini pun rajin mengikuti berbagai fertival band di Bandung. Hasilnya pun cukup memuaskan, dia sempat menyabet penghargaan sebagai Best Guitarist di sebuah festival band SMA.

Selepas SMA, Pepeng membentuk sebuah band bareng Pepep (drummer ST12). Band yang punya nama Oliv ini sempat merilis satu album di tahun 1996, tapi setelah itu nggak ada kabarnya lagi. Pepeng dan Pepep pun akhirnya berpisah dan membentuk band masing-masing, sebelum akhirnya Pepep membentuk ST12 dan mengajak Pepeng untuk gabung.

Main gitar bukan satu-satunya keahlian pengagum Richie Sambora, Joe Satriani, dan Andra Ramadhan ini. Diam-diam Pepeng juga jago olah vokal. Kemampuannya menyanyinya dibuktikan dalam album-album ST 12, di mana dia juga ikut menyumbang suara sebagai vokal latar.

Tahun 2005, bersama ST 12, Pepeng memulai suksenya. Namun sayang, band bentukan Pepep ini hanya bertahan selama 6 tahun. Setelah menelurkan 4 album, band yang namanya sudah terkenal di jagad musik Indonesia ini akhirnya bubar. Pada tahun 2011, masing-masing personil ST 12 akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri.

 

Pepeng Setia Band

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar